Rabu, 25 Maret 2009

“YOU ARE WHAT YOU READ”

Masih hari Minggu, 22 Maret 2009, saya tertohok untuk kedua kalinya! Kali ini giliran Anya, 8,5, putri sulung saya, yang melakukannya. Ia tipe kutu buku dan sangat hobi menggambar. Kertas satu rim, bisa habis dalam dua minggu dan hampir tiap hari saya harus membelikan buku gambar baru untuk coretan-coretannya.
Sepulang jalan-jalan pagi keliling kompleks perumahan, ia berkata ingin ke rumah om Jas yang punya anjing kecil bernama Moko. Karena masih terlalu pagi, saya tak mengijinkannya. Jadilah ia sewot seharian. Selepas siang, sebelum tidur siang, iseng saya tanya kenapa ia ngebet ingin bertemu Moko, little puppy itu,
“Bunda, aku akan kasih tahu om Jas kalau Moko bisa keracunan bahkan mati kalau makan coklat,” jawabnya. Saya tanya lagi, bagaimana Anya bisa tahu kalau Moko akan keracunan bahkan mati kalau makan coklat, dengan tangkas ia menjawab,
“Dari Boleh Tahu di majalah Bobo yang baru, bunda. Bunda belum baca ya?”
Walah-walah, saya geleng-geleng sambil menyesali diri saya sendiri yang sering memarahinya karena suka membaca dimanapun dan apapun yang ia lakukan. Sambil makan, ia baca, sambil berbaring, ia baca, sambil dandan mau berangkat sekolah, bahkan meminum susunya, ia lakukan sambil baca. Bukankah saat ini pengetahuan dan informasi adalah kekuatan? Mengapa saya harus sewot dan ngomel sepanjang kereta api gara-gara hobinya itu? Toh, tak sedikit anak-anak yang tak connect dan gak punya passion dengan buku atau bacaan apapun, hingga orang tuanya pusing. Mendengar anak kita mengetahui informasi yang tak pernah kita ketahui sebelumnya, tentu pengalaman yang luar biasa menyenangkan, so keep on reading, open your world, expand your horizon, grab your dreams by reading my children…

1 komentar:

  1. aduh jeng, seneng banget. Juarang Juarang ada anak hobi baca. Dari seratusan siswa bimbel saya, ketika ditanya hobi mereka, rata - rata menjawab renang, bulu tangkis, dan aktivitas olahraga lainnya, ada juga yang menyanyi, menari, main PS, nonton, dll tapiiiiii (hik sedih ..) tak ada SEORANG PUN yang menjawab hobi saya membaca.

    BalasHapus